Apa Itu Saham & Jenis Saham Yang Harus di Ketahui Oleh Pemula

pengertian saham

Master Cuan Saham – Beragam instrument investasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Salah satu yang sedang hype saat ini adalah investasi saham. Pengertian saham dapat didefinisikan sebagai surat bukti bahwa seseorang memiliki bagian modal atas suatu perusahaan.

Contohnya, jika sebuah perusahaan menerbitkan 500 lembar saham. Kemudian seseorang memiliki 100 lembar saham pada perusahaan tesebut, maka dapat diasumsikan orang tersebut memiliki 20% kepemilikan aset atas perusahaan. Orang yang memiliki saham mayoritas mempunya hak kendali atas perusahaan tersebut.

Keuntungan Membeli Saham

Semua investasi tentunya memiliki resiko yang berbeda-beda. Saham sendiri tergolong dalam investasi dengan resiko lebih tinggi jika dibandingkan dengan investasi lainnya seperti emas, depostio, obligasi dan tabungan berjangka.

Namun karena resiko yang tinggi, imbalan yang dapat diberikan oleh investasi saham juga lebih tinggi baik dari dividen maupun kenaikan harga saham. Resiko kerugian yang dapat Anda alami saat investasi saham adalah harga saham saat ini lebih rendah dibanding harga waktu Anda membelinya. Kerugian akan semakin besar apabila harga saham terus mengalami penurunan.

Salah satu faktor penentu naik turunnya harga saham adalah kinerja perusahaan. Selain itu juga sangat dipengaruhi psikologi pasar. Karena itu sangat disarankan untuk edukasi saham oleh mentor terpercaya.

Jenis-Jenis Saham

Jenis saham dibedakan berdasar pembagian keuntungan kepada pemegang saham (dividen), yakni saham biasa (common stock) dan saham preferen (preferred stock).

1. Saham Biasa (Common Stock)

Jenis saham biasa ini biasanya menempatkan pemilik saham paling terakhir saat pembagian dividen dan hak atas kekayaan perusahaan. Pembayaran dividen akan berikan saat perusahaan memperoleh keuntungan/laba.

Setiap pemilik saham memiliki hak suara atas perusahaan tersebut. Besar kecilnya hak suara ditentukan seberapa besar persentasi saham yang Anda miliki. Semakin besar persentasenya maka Anda memiliki hak suara yang besar pula.

2. Saham Preferen (Prefered Stock)

Untuk jenis saham preferen biasanya terdiri dari saham biasa dan obligasi. Saham preferen memiliki pendapatan tetap dari bunga obligasi. Pemegang saham preferen akan didahulukan saat pembagian dividen perusahaan. Termasuk diprioritaskan saat pengembalian modal dari pembagi aset saat perusahaan dilikuidasi.

Setelah mengetahui tentang pengertian saham dan jenis-jenisnya ada baiknya Anda untuk belajar mengenai cara memulai investasi saham yang baik. Selain itu join dalam webinar edukasi saham tentunya akan sangat bagus untuk meningkatkan pengetahuan tentang saham.

Leave a Comment

Your email address will not be published.