Yuk, Ketahui Cara Investasi Saham Untuk Pemula!

cara investasi saham pemula

Master Cuan Saham – Setelah mengetahui kelebihan investasi saham bagi Anda yang inging mulai investasi di saham tidaklah sesulit yang dibayangkan oleh kebanyakan orang. Sudah terdapat banyak platform trading saham yang bisa dicoba oleh para pemula. Namun hal yang paling diperhatikan tentang cara investasi saham untuk pemula adalah banyak mencari informasi untuk mempersiapkan diri dan belajar pola, kondisi pasar. Tidak ada kata terlambat untuk belajar trading saham.

Karena itu, apa saja sih yang harus dilakukan sebelum memulai investasi saham? Simak informasi berikut ini yuk.

1. Menentukan Indeks Saham

Dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) tercatat ada 22 jenis indeks saham. Beberapa jenis indeks saham yang sering digunakan seperti LQ45 atau IDX30, dimana keduanya memiliki likuiditas yang tinggi dan didukung oleh kualitas perusahaan yang bagus. LQ45 terdiri dari 45 perusahaan, sedangkan IDX30 terdiri dari saham dengan likuiditas paling tinggi.

2. Gunakan Sekuritas Yang Sesuai

Saat ingin membeli saham, dibutuhkan perantara perusahaan yang biasa disebut sekuritas atau broker saham dengan biaya berbeda-beda untuk setiap transaksinya. Untuk pemula ada baiknya pilihlah sekuritas dengan persentase biaya lebih rendah, contohnya 0,20% dari jumlah pembelian saham. Hal ini agar keuntungan yang didapat lebih optimal.

3. Buat Planning Periode Trading

Cara investasi saham untuk pemula yang baik yaitu dengan membuat rencana berdasarkan periode, jangka panjang atau pendek. Untuk jangka pendek resiko kerugian tentunya akan lebih besar, namun peluang profitnya yang bisa didapatkan juga lebih cepat.

Sebaliknya, jika jangka panjang peluang profit akan lebih besar jika saham tersebut memiliki reputasi dan fundamental serta kinerja yang baik.

4. Trading dengan Sabar

Banyak pemula yang mulai trading saham dengan tergesa-gesa dan tidak sabar. Untuk pemula, sebaiknya menggunakan modal yang kecil dan meningkatkannya apabila Anda mulai paham cara mainnya. Begitupun ketika menghadapi kerugian, hadapi dengan pikiran jernih kemudian lakukan average down dengan cara membeli saham yang nilanya sedang turun. Dengan cara seperti ini, Anda malah akan mengalami keuntungan saat kondisi pasar mulai stabil kembali.

Inilah cara investasi saham untuk pemula yang baik dan benar. Jika saat ini Anda masih baru dalam dunia trading saham, ada baiknya untuk bergabung dalam komunitas saham untuk belajar dan berdiskusi dengan para mentor. Salah satunya di Webinar Gratis Trading Saham dengan Motode Jepang bersama mentor Holi Aziz dari Master Cuan Saham. Klik banner dibawah untuk daftar webinar.

Leave a Comment

Your email address will not be published.